Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
TNI

Dalam Ziarah Makam Ki Ronggo Pada Kirab HARJABO ke-205, Ini Pesan Dandim

×

Dalam Ziarah Makam Ki Ronggo Pada Kirab HARJABO ke-205, Ini Pesan Dandim

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bondowoso, JEJAKPERISTIWA.CO.ID Jumat 16 Agustus 2024 – Peringatan Hari Jadi Bondowoso (HARJABO) ke-205 berlangsung khidmat di Pendopo Bupati Raden Bagus Bondowoso. Acara yang dihadiri ratusan orang ini menjadi momen penting untuk memperingati sejarah Bondowoso. Dandim 0822 Bondowoso, Letkol Arm Suhendra Chipta, turut hadir dalam rangkaian kegiatan yang dipusatkan pada ziarah ke Makam Ki Ronggo, pendiri Bondowoso.

READ
Ketua SMSI Buka Suara Saat Wartawan Dilarang Meliput Kegiatan Lapas Kelas IIB Bondowoso

Kehadiran Letkol Suhendra Chipta menambah kekhidmatan acara. “Hari ini kita mengenang perjuangan Ki Ronggo yang telah membabat alas dan membuka jalan bagi terbentuknya Bondowoso. Peringatan ini adalah wujud rasa syukur sekaligus komitmen kita untuk terus menjaga persatuan dan kebangsaan,” ujar Dandim kepada para peserta.

Example 300x600

Rangkaian kirab dimulai dengan kedatangan Forkopimda di Pendopo Bupati. Setelahnya, rombongan bergerak menuju Makam Ki Ronggo untuk melaksanakan ziarah dan doa bersama. Kehadiran berbagai tokoh penting, termasuk Forkopimda, jajaran OPD, dan masyarakat, menegaskan pentingnya acara ini sebagai bentuk penghormatan terhadap sejarah daerah.

READ
Manunggal TNI, Babinsa Koramil 0822/02 Curahdami Bersama Warga Bersihkan Plengsengan

Pj. Bupati Bondowoso, Hadi Wawan Guntoro, dalam sambutannya, menekankan pentingnya pelestarian budaya lokal. “Kirab ini adalah salah satu cara kita untuk melestarikan semangat kebangsaan dan menghargai jasa para pahlawan, seperti Ki Ronggo,” kata Hadi Wawan. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk meneladani kegigihan pendahulu dalam membangun daerah.

READ
Pj Bupati Menghadiri Acara Penguatan Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak (Satgas PPA)

Acara ditutup dengan ziarah makam dan doa bersama. Perayaan HARJABO ke 205 ini menjadi pengingat bagi warga Bondowoso akan pentingnya mempertahankan semangat kebangsaan dan kebersamaan dalam membangun masa depan yang lebih baik. (Ky)

Example 120x600