Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Berita

Sunda Ngabudanya Jaya Gelar Acara Seni Budaya Sunda di Pantai Ci Jeruk Indah

×

Sunda Ngabudanya Jaya Gelar Acara Seni Budaya Sunda di Pantai Ci Jeruk Indah

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Garut, JEJAKPERISTIWA.CO.ID 6 Juni 2024 – Komunitas Sunda Ngabudanya Jaya menggelar acara seni budaya Sunda yang meriah di Pantai Ci Jeruk Indah, pinggir Hutan Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut. Acara ini dihadiri oleh peserta dari berbagai daerah seperti Ciamis, Sumedang, Tasikmalaya, Cianjur, dan Garut.

Acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar pecinta seni budaya Sunda dan memastikan warisan leluhur tidak hilang di tengah perkembangan zaman. Seni budaya Sunda, termasuk pencak silat, debus, dan angklung, merupakan bagian penting dari warisan nenek moyang yang perlu dilestarikan.

Example 300x600

Namun, para peserta dan penyelenggara acara mengungkapkan keprihatinan mereka terhadap kurangnya dukungan dari pihak pemerintah terkait, terutama dalam hal pendanaan. Seni budaya yang seharusnya mendapatkan anggaran untuk pengembangan dan pelestarian, seperti pencak silat dan debus, sering kali diabaikan.

READ
Wisata Tersembunyi di Desa Golo Sepang, Belum Banyak Yang Tau

Melalui acara ini, Sunda Ngabudanya Jaya berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemerintah tentang pentingnya menjaga dan mendukung seni budaya tradisional. “Kami ingin seni budaya Sunda tetap hidup dan dikenal oleh generasi muda, agar warisan nenek moyang kita tidak hilang,” ujar salah satu panitia acara.

READ
Babinsa Serda Teguh Yuli Dampingi Kegiatan Pertemuan Kelas Ibu dan Balita di Desa Kaligedang

Acara ini diisi dengan berbagai penampilan seni tradisional yang mengundang decak kagum dari para penonton. Semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap seni budaya Sunda terlihat jelas dalam setiap penampilan, memperlihatkan kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Sunda.

READ
KPU Garut Mengundang Para Jurnalis Untuk Sosialisasi Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Tahun 2024

Dengan berlangsungnya acara ini, diharapkan pemerintah lebih memperhatikan dan memberikan dukungan yang layak bagi pelestarian seni budaya Sunda, agar warisan ini dapat terus dinikmati dan diapresiasi oleh generasi mendatang.
(Dea islami)

Example 120x600