Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
TNI

Pembuangan Limbah Skala Besar, Pemerhati Seolah Olah Menutup Mata

×

Pembuangan Limbah Skala Besar, Pemerhati Seolah Olah Menutup Mata

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Garut, JEJAKPERISTIWA.CO.ID – Kamis 27 Juni 2024,”Para pengusaha kulit di Sukaregang Garut, ada sebagian yang sudah membuat sarana IPAL yang didalam pembuatannya menggunakan Jasa konsultan, yang memiliki kredibilitas dan kapabilitas mempuni, disamping konsultan tersebut sudah perpengalaman dalam pembuatan IPAL dibeberapa daerah yang terdapat pabrik pabrik dan membuang limbah ke lingkungan, namun pada akhirnya bisa ditangani kendati belum maksimal.

READ
Satgas Operasi Patuh Polres Pringsewu Gencarkan Kampanye Keselamatan Lalu Lintas

Begitu juga di Sukaregang Garut ada sebagian kecil pabrik yang telah membuat IPAL KOMUNAL dengan biayaya lebih dari 1M, namun sampai detik ini belum bisa di oprasikan sama sekali, hal ini pula yang harus diketahui oleh pihak pemerhati Lingkungan, agar cara pandang terhadap pengusaha kulit di Sukaregang Garut lebih bijaksana.

Example 300x600

Apalagi pasca idul adha, suplay kulit sangat melimpah, apalagi dengan kehadiran pengusaha pendatang yang hanya sekedar menumpang buang limbahnya saja.

READ
Kunjungi Posko RKP Koramil Cermee, Dandim 0822 Bondowoso Disambut Muspika

Sentra Industri kulit(SIK). Sebetulnya diperuntukan untuk pengusaha dengan sekala kecil, namun dalam prakteknya bertolak belakang, banyak para pengusaha luar berdatangan ke sukaregang karena didaerahnya mereka terusir karena aturan lingkungannya yang sangat ketat, berbanding terbalik dengan Garut, inilah salah satu penyebab menigkatnya debbet limbah yang dikeluarkan oleh aktifitas pengolahan kulit sukaregang sangat tinggi.

READ
Polres Bondowoso Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Semeru 2024

Industri pengolahan kulit sukaregang Garut, seolah olah menutup mata dampak negatif yang melahirkan aktifitas pengolahan kulit, masyarakat terdampak jadi korban.

Usman

Example 120x600